Anchor NLP Jangkar Emosi

Anchor NLP Jangkar Emosi

Anchor NLP

Anchor NLP – Penjangkaran Emosi Pembahasan wajib dalam belajar  NLP, kenapa ? pastinya karna manfaatnya yang power full

sebelum saya membahas lebih lanjut,anda boleh meng ingat ingat dengan pertanyaan yang saya ajukan

Pernahkan  anda berusaha menghindar untuk bertemu seseorang,karna ketika ketemu orang tersebut emosi anda kurang nyaman ? atau sebaliknya anda ingin sering ketemu seseorang,karna setiap kali ketemu ada sensasi perasaan yang tak terlukiskan ?

Pernahkah anda ketika mendengarkan sebuah lagu,lalu seakan akan pikiran anda melayang ke masa lalu ?

Pernahkan ketika anda merasakan sebuah masakan tertentu menjadikan anda ingat kepada masakan ibu anda ?

Anchor dalam NLP adalah suatu hal yang jika terjadi akan memicu suatu perasaan atau emosi tertentu. Dalam istilah psikologi klasik, anchor adalah suatu stimulus yang memicu reaksi khusus.

Anchor dapat terjadi dengan sendirinya (alami), dapat pula di ciptakan secara sengaja,jika di ibaratkan Anchor adalah tombol “ON” yang memicu sebuah emosi dan prilaku tertentu.

Di sekeliling kita ada banyak contoh anchor yang mempengaruhi keadaan emosi kita,Sebuah senyuman adalah contoh sederhana dari visual anchor, Ketika orang lain tersenyum kepada kita kecendrungan kita merasa nyaman dan kitapun membalas senyuman. senyum orang lain membuat On rasa nyaman kita.

contoh kinesthetic anchor seperti suatu perasaan bahagia pada saat ketemu dengan orang yang dicintai,
auditory anchor ketika kita mendengarkan sebuah lagu tertentu jadi ingat mantan hehe..

Olfactory anchor,Banyak orang yang teringat kembali ke kenangan masa kecilnya ketika mencium bau tanah setelah hujan atau wangi parfum merek tertentu yang mengingatkan pada orang yang kita cintai, dan lain sebagainya.

Sedangkan anchor yang terakhir disebut dengan gustatory anchor yaitu suatu anchor yang bekerja berdasarkan rasa yang dicecap oleh lidah kita. Misalnya, makanan tertentu kita jadi ingat masakan ibu.

Secara sederhana anchor dapat dikatakan sebagai jangkar atau tombol On , yaitu suatu jangkar emosi yang memiliki muatan emosi positif atau negatif dimana seseorang “seolah-olah” mengalami kembali (asosiasi) suatu pengalaman pada saat suatu pemicu diaktifkan

Ancor dapat diciptakan dengan cara memberikan stimulus pada salah satu atau lebih dari kelima indra (VAKOG) kita untuk memicu terbentuknya mental map. Jadi anchor dapat berbentuk misal : suatu kata (auditorial) gerakan (kinestetik/visual), simbol (visual), sentuhan (kinestetik), bau (kinestetik).

Anchor NLPNLP ANCHORING

Dengan NLP anchor diciptakan dengan cara membawa seseorang mengalami emosi puncak tertentu (rasa takut, gembira, cemas, ngeri, dll).

Pada saat puncaknya, kita melakukan suatu suatu tindakan tertentu, misal mengucapkan kata tertentu / gerakan anggota tubuh tertentu / menunjuk simbol tertetu / memberikan sentuhan di tempat tertentu sehingga memunculkan emosi yang di harapkan resourceful anchor atau anchor positif yang bersumber daya, misalnya: anchor motivasi.

Ada kalanya anchor negatif juga digunakan dalam beberapa teknik NLP untuk membantu mengatasi masalah yang sedang dialami oleh klien, salah satu contohnya adalah collapsing anchor dimana anchor positif “diadu” dengan anchor negatif. Atau dalam teknik changing personal history, disini beberapa anchor negatif justru dengan sengaja dipasang dan digunakan untuk mengatasi problem yang dialami klien.

Anchor merupakan salah satu tool NLP yang sangat bermanfaat untuk merubah state seseorang.

Yang perlu Anda perhatikan saat melakukan anchoring adalah:

  • Kondisi murni keadaan selaras ‘purity of state’. Bukan keadaan yang campur aduk, itumixed state.
  • Intensitas pengalaman Anda lebih tajam dan kuat
  • Saat melakukan anchoring perhatikan timmingnya.
  • Gunakan keunikan sentuhan. Berhati-hatilah saat menyentuh, mintalah ijin sehingga tidak membuat klien risi atau terganggu

Anda perlu mempergunakan anchor yang sama saat anchoring, duplication, sentuhan dengan cara yang sama dan diposisi yang sama

Anchor Lakukan hal itu beberapa kali dengan harapan ketika Anda mengaktifkan anchor Anda, secara simultan perasaan yang Anda harapkan akan muncul seketika, seperti menekan tombol saklar untuk menghidupkan lampu.

Anchor dalam NLP dapat dibentuk dengan stimulus V.A.K.O.G. , umumnya anchor Kinesthetic merupakan stimulus yang paling mudah diakses oleh manusia.

Anda bisa menggunakan teknik ini pada diri sendiri ataupun anchor untuk orang lain. Namun ada satu syarat untuk menganchor orang lain, yaitu anda harus kuasai teknik kalibrasi. Karena Anda tidak tahu siapa yang Anda anchor, kapan waktu yang tepat untuk menganchor dan seberapa efektif anchor Anda.

17 Shares
NLP Coach

Jaim Wong,CHt,CI.NLP,NCA,HRMNLP Seorang Praktisi dan Trainer yang telah banyak mendapatkan Manfaat dari NLP dan Ingin berbagi pengalaman dengan anda