Membuka Kunci Motivasi Meta Program NLP

Membuka Kunci Motivasi Meta Program NLP

Salah satu pembahasan dalam program pelatih NLP adalah pembahasan tentang Meta Program Filter pikiran ketika mengelola informasi.

dengan mengusai Meta program NLP  kita akan sangat efektif mengetahui gaya atau sumber Motivasi diri sendiri maupun orang lain.

Pernahkah begitu susah meminta anak anak  untuk belajar maupun mandi ? Pernah merasa begitu prustasi karna karyawan anda susah di motivasi ? padahal sudah di peringatkan berkali kali  Atau menemukan diri begitu termotivasi di hal tertentu tapi begitu malas mengerjakan hal lain.

Meta program adalah cara untuk meningkatkan kesadaran diri dan lebih memahami orang-orang di sekitar,kita dapat menggunakannya untuk memperbaiki cara Anda berkomunikasi dengan diri sendiri maupun orang lain,untuk membantu meningkatkan efektivitas ketika berkomunikasi atau berbisnis dengan orang lain.

Secara umum Meta program NLP  merupakan filter persepsi manusia yang mengatur :

  • (Perhatian)  Apa yang menjadi fokus perhatian ketika menerima informasi
  • Sortir (Menyusun) Bagaimana manusia menyusun /mensortir informasi yang di terima
  • Memprores Informasi Bagaimana manusia memproses setiap informasi

Menggunakan bahasa (kata-kata) yang sesuai dengan metaprogram seseorang akan mempermudah seseorang itu untuk mengerti dan menerima kata-kata kita. mempercepat proses dan kekuatan pada motivasi dan pengambilan keputusannya.

Meta program NLP merupakan suatu filter dalam pikiran manusia yang akan membentuk mental map, pola internal yang menentukan bagaimana seeorang membentuk representational system dan mempengaruhi prilakunya.

Mihaly Csikszentmihalyi, seorang ahli Biologi dari Hungaria menuliskan fakta-fakta menarik tentang stimulus yang masuk kepada diri manusia, informasi yang tangkap oleh panca indera

dalam bukunya Flow (1990): The Psychology of Optimal Experience, terbitanNew York: Harper and Row; ISBN 0-06-092043-2.

Beliau mengungkapkan bahwa sebagai manusia, kita terus-menerus mengambil informasi melalui panca indra kita dan memprosesnya pada tingkat rata-rata sekitar 2 juta bit informasi per detik.

Sebagian besar penyerapan informasi ini dan asimilasinya berlangsung secara tidak sadar. Sadar mencoba untuk memproses semua informasi ini mungkin menyenangkan, tapi itu pasti akan berat bagi otak kita.

Oleh karena itu sistem saraf kita melakukan pemfilteran terhadap informasi yang masuk dalam rangka untuk melihat dan memanfaatkan informasi yang relevan,dalam NLP salah satu Filter tersebut di sebut Meta Program yang menyaring Informasi agar pikiran tidak terjadi Hang atau eror.

meta program bukanlah suatu sifat yang melekat pada seorang manusia secara terus menerus. Suatu metaprogram dalam konteks dunia kerja belum sama pada konteks saat di rumah.

Contoh ketika urusan keluarga saya adalah tipe di mana menghindari Resiko sehingga saya akan sangat hati hati ketika mengambil keputusan berkaitan dengan keluarga. Tapi di dalam pekerjaan saya adalah tipe yang mengejar resiko,merasa tertantang dengan resiko resiko yang di hadapi.

Mengetahui metaprogram diri sendiri akan membantu kita untuk memperbaiki motivasi kita, sehingga kita bisa memicu motivasi kapanpun kita inginkan.

Meta program ini terbentuk dari pikiran dan perasaan yang muncul dalam diri kita secara berulang-ulang.

Memahami Meta program adalah prasyarat mutlak bagi konselor, motivator, HRD, pengusaha, atasan dan siapa saja yang ingin melakukan profiling baik dalam rangka mencari solusi terhadap masalah seseorang, membangkitkan semangat dan prestasi, dan lain sebagainya.

Dalam literatur dikenal ada puluhan meta program. Setidaknya menurut Michael Hall ada 60 meta program dari hasil penelitiannya. Namun, kita coba melihatnya dari Rodger Bailey yang melakukan riset secara empiris dan universal, yang dinamakan LAB (Language and Behaviour) Profile.

Adapun yang menjadi perhatiannya adalah struktur bahasa (language structure) seseorang. Marilah kita simak beberapa meta program :

1. Metaprogram Tingkatan Motivasi 
Merupakan metaprogram yang berhubungan dengan tindakan, bagaimana tingkat motivasi seseorang. Diukur dengan cara memperhatikan apakah seseorang itu Proaktif atau Reaktif.

Jika seseorang Proaktif maka itu menunjukkan dirinya akan berprilaku tanpa menunggu adanya stimulus luar yang mendahuluinya. Sedangkan reaktif adalah sebaliknya.

2. Metaprogram Arahan Motivasi 
Merupakan metaprogram yang menjelaskan bagaimana arah motivasi seseorang. Dibedakan dengan cara arah menuju (Toward) atau arah menghindari (Away). Seseoang dengan metaprogram Toward menunjukkan arah motivasinya cenderung menuju kearah tertentu, misal seseorang termotivasi karena ia mengejar keuntungan.

Sedangkan Away adalah metaprogram yang menunjukkan arah fokus orang yang menghindari sesuatu, misal seseorang menjadi termotivasi membeli komputer karena ingin menghindari ketinggalan jaman.

Program 
Mendekati : Termotivasi Untuk mencapai Tujuan (Hal yang di inginkan)
Menjauhi    : Termotivasi untuk menghindari masalah (hal yang tidak di inginkan )

Kata yang Memotivasi 
Mendekati :Memiliki,memperoleh,menjaga,keuntungan (kata – kata mendapatkan)
Menjauhi    :Mencegah,menghindari,tidak harus (kata kata yang menghindari resiko)

3. Metaprogram Sumber / Standar Tindakan 
Merupakan metaprogram yang menunjukkan standar-standar yang dianut seseorang sebagai sumber motivasi. Dibedakan dalam 2 standar yakni Internal dan External.

Seorang dengan metaprogram Internal akan mengambil keputusan berdasarkan sumber standar/nilai-nilai dari dalam dirinya. Sedangkan seorang dengan metaprogram Internal akan mengambil keputusan berdasarkan sumber standar/nilai-nilai dari dalam dirinya.

Program 
Internal        : Termotivasi untuk memutuskan berdasarkan standar di dalam dirinya.
Eksternal     : Termotivasi bila ada respon dari orang lain

Kata yang Memotivasi 
Internal        : Anda perlu mempertimbangkanya,Hanya anda yang bisa memutuskanya.
Eksternal     : saya sangat merekomendasikanya,Banyak orang telah memekainya,sudah banyak yang merasakan manfaatnya.

4. Metaprogram Landasan / Pola Kerja 
Merupakan metaprogram yang mencerminkan pola kerja seseorang yang melandasi motivasinya. Dibedakan dalam 2 landasan, Opsi dan Prosedur. Orang dengan metaprogram Prosedur lebih suka melandasi pola kerjanya berdasarkan prosedur baku. Sementara itu orang dengan metaprogram opsi suka diberikan alternatif dalam pola kerjanya.

Program 
Opsional       : Termotivasi untuk mengembangkan dan menciptakan system serta prosedur,kesulitan mengikuti kesuluruhan prosedur.

Prosedural   : Termotivasi untuk mengikuti cara cara yang sudah terbukti,Bingung bila tidak ada prosedur yang di jalankan

Kata yang Memotivasi
Opsional    : Kesempatan,variasi,Alternatif,pilihan dll (kebebesan untuk ber ekspresi)
Prosedural : Sudah ada Prosedurnya,caranya adalah…,konsisten,tinggal ikuti,sudah terbukti.(kepastian dan teratur)

5. Metaprogram Faktor Motivasi 
Merupakan metaprogram seseorang dalam menentukan faktor pembuatan perbandingan atas sesuatu. Ada tiga macam : persamaan, perbedaan dan persamaan dengan perbedaan.

Orang dengan metaprogram Persamaan, akan cenderung membandingkan dalam faktor-faktor persamaannya. Orang dengan metaprogram Perbedaan, akan cenderung membandingkan / mencari perbedaan. Orang dengan metaprogram Persamaan dalam Perbedaan, akan cenderung mencari Persamaan lantas membuat Perkecualiannya.

Program 
Persamaan  : Mereka termotivasi untuk tetap tinggal pada situasi yang sama.
Persamaan dengan Pengecualian :
Mereka termotivasi untuk berubah seiring dengan perjalanan waktu
Perbedaan  : mereka termotivasi untuk berubah secara Drastis dan cepat

Kata kata yang Memotivasi 
Persamaan : Persis sama,tidak ada perubahan,tetap,sama
Persamaan dengan Kekeculiaan : Progresif,tumbuh pelan – pelan,berkemabang maju
Perpedaan : Benar – benar beda,tidak seperti lainya,unik,berubah total.

Meta program memberi alat dahsyat untuk berkomuniasi dan menghadapi orang lain.

Akan tetapi masih banyak meta program yang lain yang tidak didiskusikan di sini, cobalah kenali berbagai meta program lain yang bisa ditemukan di sekitar anda.

 

0 Shares
NLP Coach

Jaim Wong,CHt,CI.NLP,NCA,HRMNLP Seorang Praktisi dan Trainer yang telah banyak mendapatkan Manfaat dari NLP dan Ingin berbagi pengalaman dengan anda