Mudah raih cita cita dengan WFO – Success with Well Formed Outcome

Mudah raih cita cita dengan WFO – Success with Well Formed Outcome

Mudah raih cita cita dengan WFO – Success with Well Formed Outcome

Banyaknya strategi dan juga teknik pengembangan diri yang ditawarkan dalam NLP dan tentunya ini sangat membantu bagi praktisi NLP,tapi yang perlu di pahami biasanya karna terlalu banyak pilihan menjadikan kita bingung.

Disinilah kita perlu memahami salah satu Pilar NLP yaitu memiliki tujuan yang jelas  dan spesifik. Well-Formed Outcome (WFO) adalah sebuah rumusan kesuksesan yang dapat diimplementasikan dalam meraih cita-cita.

WFO menjadikan apa yang kita cita-citakan menjadi jelas dan terukur bukan hanya sekedar “kira-kira”. Teknik WFO ini tidak hanya dapat diterapkan dalam mencapai sebuah cita-cita saja,

dalam sebuah organisasi ataupun perusahaan juga dapat menggunakannya demi mencapai visi dan misi yang sudah ditetapkan.

Rumusan dari WFO tersebut adalah :

State the outcome in positive term (Ungkapkan dalam kalimat positif). 

Pikiran manusia lebih mudah menerima kalimat positif oleh karena itu dengan menghindari kalimat negasi seperti “tidak, jangan” dapat membuat outcome menjadi lebih positif dan bermanfaat, niat positif tujuan positif.

Ensure the outcome is within your control (Pastikan bahwa outcome berada dalam kendali).

Putuskan secara sadar apa yang menjadi cita cita /goal anda,karna jika sebatas keinginan setiap saat keinginan kita bisa berubah ubah.

Be as specific possible (Diupayakan se-spesifik mungkin), outcome harus dibuat se-spesifik mungkin seperti : kapan akan diwujudkan, dimana, dengan siapa, berapa banyak/jumlahnya, dll.

Have a sensory-based evidence procedure (Memiliki tolok-ukur (bukti indrawi) yang jelas)

dengan menggunakan minimal 3 sensori inderawi kita dapat membuat outcome menjadi lebih terukur.bisa di bayangkan bisa di liahat bisa di raba.

Consider the context (Kontekstual)

Have access to resources (Memiliki sumberdaya), dengan memiliki sumber daya (internal dan eksternal) dapat mempercepat tercapainya outcome,dan pastinya jika sumber daya yang di butuhkan belum ada kita bisa memfokuskan untuk meraih sumber daya ini.

Jika yang di butuhkan ilmu berarti kita perlu belajar,jika yang di butuhkan adalah relasi kita perlu membangunya,tetapkan tujuan namun Fleksible dalam prosesnya.

Check the outcome is ecologically sound (Mempertimbangkan keselarasan)

pastikan apa yang menjadi goal telah di pertimbangkan dengan baik agar tetap selaras.

Define the first step (Tetapkan langkah awal)

dengan menetapkan kapan langkah awal dilakukan membuat outcome menjadi lebih cepat terwujud.

Demikianlah penjelasan tentang WFO yang merupakan strategi dan juga rumusan bagi seorang praktisi NLP kita bisa berdiskusi lebih lanjut tetang NLP yuk belajar bersama.

14 Shares
NLP Coach

Jaim Wong,CHt,CI.NLP,NCA,HRMNLP Seorang Praktisi dan Trainer yang telah banyak mendapatkan Manfaat dari NLP dan Ingin berbagi pengalaman dengan anda